SIBOLANG | Blog Informasi Seputar Dunia Anak

Manfaat Mendongeng dan Tips Mendongeng

tip mendongeng
Manfaat Mendongeng dan Tip Mendongeng
Manfaat Mendongeng dan Tip Mendongeng

ArtikelDuniaAnak.blogspot.com - Manfaat Mendongeng dan Tip Mendongeng Bagi Anak - Dalam postingan blog artikel dunia anak kali ini akan membahas bagaiamana Manfaat Mendongeng Bagi Anak dan Beberapa Tip Mendongeng Mengingat begitu manfaat mendongeng bagi anak-anak, diperlukan persiapan yang benar-benar matang. Berikut ini, beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum ayah dan bunda mendongeng.


Manfaat Mendongeng dan Tip Mendongeng


  1. Pilih cerita yang tidak terlalu panjang, jika terlalu panjang anak akan bosan.
  2. Hafalkan garis besar ceritanya. Hayatilah pesan utamanya, seta jangan lupa membayangkan kapan harus melakukan improvisasi.
  3. Ayah dan bunda harus peka terhadap situasi dan kondisi anak-anak. Apakah putra-putri anda merasa letih, lapar, dan gerah? Jika keadaanya seperti itu, mereka jadi kurang tertarik dengan dongeng yang disampaikan.
  4. Sebelum mendongeng, usahakan suasana hati ayah dan bunda ceria dan riang. Cintai sepenuh hati anak-anak yang ada di depan Anda.
  5. Libatkan perasaan Anda saat mendongeng, Tampakan ekspresi wajah yang sesuai enga cerita, seperti marah, menangis, tertawa, kecewa, dan kaget.
  6. Perhatikan intonasi suara, Kapan haris tinggi, rendah, kecil, besar, berat, cepat, lambat, atau lainnya,
  7. Mendongeng akan sangat menarik jika membawanya atau bantu, baik boneka maupun sekedar buku cerita.
  8. Tidak ada salahnya jka di tengah dongeng Anda mengajak mereka bernyanyi. Tentu saja lagunya harus sesuai dengan cerita yang dibaca.
  9. Berilah jeda saat bercerita. Lontarkan pertanyaan pilihan, seperti ya/tidak, sudah pernah/belum, atau besar/kecil.
  10. Selalu akhir cerita dengan kesimpulan, pesan moral, dan pertanyaan yang menegaskan kembali inti dari cerita yang Anda bacakan.

Artikel Dunia Anak - Terimakasih telah mengunjngi blog ini dengan judul Manfaat Mendongeng dan Tip Mendongeng, semoga bermanfaat, silahkan klik untuk menyimak artikel anak lainnya. Gambar Mewarnai


Manfaat Mendongeng manfaat mendongeng untuk anak manfaat mendongeng bagi anak manfaat mendongeng bagi bayi manfaat mendongeng buat anak manfaat mendongeng sebelum tidur manfaat mendongeng untuk bayi manfaat mendongeng bagi anak usia dini manfaat mendongeng bagi pertumbuhan anak manfaat mendongengkan anak manfaat mendongeng bagi orang tua manfaat mendongeng bagi balita manfaat metode mendongeng manfaat dari mendongeng tujuan dan manfaat mendongeng manfaat mendongeng pada anak manfaat dongeng anak manfaat dongeng adalah manfaat dongeng anak sebelum tidur manfaat dongeng bagi pertumbuhan anak manfaat dongeng bahasa sunda manfaat dongeng bagi guru manfaat dongeng bagi masyarakat manfaat dongeng bagi balita manfaat belajar dongeng manfaat dongeng bagi anak manfaat dongeng bagi masyarakat zaman sekarang manfaat dongeng basa sunda manfaat dongeng bagi bayi manfaat dongeng bagi pendongeng manfaat dongeng bagi siswa manfaat cerita dongeng manfaat dongeng dalam pembelajaran manfaat dari dongeng manfaat dongeng dalam bahasa sunda manfaat dongeng fabel Tips Mendongeng tips mendongeng yang baik tips mendongeng untuk anak tk tips mendongeng untuk anak tips mendongeng yang menarik tips lomba mendongeng download video tips mendongeng tips jitu mendongeng tips dan trik mendongeng

0 Comment for "Manfaat Mendongeng dan Tips Mendongeng"

Back To Top