SIBOLANG | Blog Informasi Seputar Dunia Anak

Peranan Otak Dalam Kecerdasan

Peranan Otak Dalam Kecerdasan

Menurut teori The Triune Brain Model yang diperkenalkan oleh Dr Paul MacLean dinyatakan bahwa lapisan otak manusia sebenarnya merupakan perkembangan evolusi tiga tingkat kehidupan yaitu reptilian brain, limbic brain dan neokorteks (the thinking brain). Neokorteks merupakan lapisan paling muda dan berada paling luar dari kedua lapisan tersebut. Bagian reptilian brain bertanggung jawab terhadap fungsi sensorik dan pengontrol fungsi organ vital.

Limbic brain bertanggung jawab terhadap hal yang bersifat kognitif dan emosional, dan tempat untuk menyimpan perasaan kita, pengalaman manusia yang menyenangkan, memori manusia, kemampuan belajar manusia, dan juga mengatur bioritme manusia. Neokorteks membentuk 80% dari seluruh masa otak dan terbungkus di bagian atas dan sisi sistem limbik. Menurut Dr Roger Sperry dikutip dari Pangalila14, kedua belahan korteks merupakan lokasi dari fungsi intelektual tertentu. Neokorteks mengatur pesan yang diterima melalui penglihatan, pendengaran dan sensasi tubuh serta mengatur penalaran, berfikir secara intelektual, pembuatan keputusan, perilaku waras, bahasa, kendali motorik sadar dan penciptaan gagasan non verbal.

Neokorteks dibagi menjadi belahan hemisfer kiri dan kanan. Belahan otak kiri mengatur badan, mata,dan telinga bagian kanan. Bagian ini berperan dominan dalam berfikir logika dan rasional, menganalisis, berbicara (bahasa) serta berorientasi pada waktu dan hal-hal yang terinci. Belahan otak kanan mengontrol badan, mata dan telinga bagian kiri. Otak kanan mengendalikan pikiran bawah sadar dan emosi, dan hal-hal yang intuitif (imajinasi) berupa lamunan maupun visualisasi, kesadaran spasial seperti dimensi atau gambaran global, warna, merasakan, bermusik (irama), menari, melakukan hal-hal reaktif, dan sebagainya.5,6,14 Orang yang memanfaatkan kedua belahan otak ini cenderung seimbang dalam setiap aspek kehidupannya.

Persambungan antar sel-sel otak (neuron) sangat penting bagi perkembangan mental seseorang, karena merupakan kekuatan dasar utama dari terjaminnya pengembangan proses belajar dan pengembangan potensi mental seluruh hidup pemiliknya. Makin banyak dan luas neuron yang saling berhubungan maka semakin banyak asosiasi yang dapat dibentuk dan kombinasi yang dibentuk. Ini membuat anak semakin cerdas dan kreatif.


Peranan Otak peranan otak kanan peranan otak kanan dan kiri peranan otak tengah peranan otak manusia peranan otak tengah pada manusia peranan otak dalam belajar peranan otak dalam pemikiran peranan otak besar peranan otak kiri-kanan peranan otak dalam pembelajaran peranan otak kecil pada manusia peranan otak dalam pemerolehan bahasa peranan otak dan minda peranan otak depan peranan otak kecil peranan otak dalam berbahasa peranan otak dalam kemampuan berbahasa peranan otak kanan dalam berbahasa peranan bagian otak teori dan peranan otak peran otak pada anak artikel peranan otak peranan otak bagi manusia peran otak besar peranan dan fungsi otak besar peranan otak kanan dalam proses berbahasa peran otak belakang peran bagian otak peran otak dalam belajar peranan glukosa bagi otak peranan penting glukosa bagi otak peran batang otak peranan otak dalam perkembangan kognitif siswa peran otak dalam perkembangan kognitif siswa peran otak dalam perkembangan kognitif anak peran otak dalam pembelajaran dan perkembangan peran otak kanan dalam menulis kreatif peranan asam glutamat dalam otak peran otak dalam pembelajaran peran otak dalam perkembangan kognitif peran otak dalam kehidupan manusia peranan otak kanan dalam proses menulis kreatif peran otak kanan dalam proses menulis kreatif peran otak kanan peran otak kecil peran otak kanan dalam berbahasa peran otak dalam kesadaran peran otak dalam kehidupan peran lobus otak peranan otak mamalia peran otak manusia makalah peranan otak peran otak terhadap proses prilaku manusia sebutkan peranan otak tengah pada manusia peran otak terhadap proses perilaku manusia peranan penting otak peran otak terhadap perilaku manusia peran otak tengah
Labels: artikel anak, Peranan Otak Dalam Kecerdasan

Thanks for reading Peranan Otak Dalam Kecerdasan. Please share...!

5 Comment for "Peranan Otak Dalam Kecerdasan"

Free Download Latest K-Pop MP3, K-Pop MV, Download lagu KPop Terbaru, Music Video, Soundtrack Drama, OST K-Drama, KPop Hits Single Album, J-Pop MP3.
.
K-POP & J-POP Songs
.
US/UK Songs
.
eMP3 World Songs
.
BOLLYWOOD Songs
.
.
.

Mantap artikelnya sis, mba or om atau bro mungkin...bermanfaat sekali . main kesini juga yah www.omblogging.com

Mantap artikelnya sis, mba or om atau bro mungkin...bermanfaat sekali . main kesini juga yah

Disini aku mau Sharing aja ya
Banyak temen feren yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

oooh begitu ternyata... penting banget nih ntuk diketahui, thanks izin bagikan deh :D

Back To Top