SIBOLANG | Blog Informasi Seputar Dunia Anak

Iman Kepada Kitab Suci

Iman Kepada Kitab Suci

ArtikelDuniaAnak.blogspot.com - Iman Kepada Kitab Suci - Terimakasih atas kunjungan anda keblog kami, dalam kesempatan ini kami akan sharing artikel dengan membahas kelanjutan tema sebelumnya yaitu tentang Aqidah dan akhlak, dimana sebelumnya telah dibahas tentang Iman Kepada Allah Swt dan Iman Kepada Malaikat, dan pada kesempatan ini akan di bahas tentang Iman Kepada Kitab Suci.


Iman Kepada Kitab Suci


Iman Kepada Kitab Suci artinya percaya bahwa Allah Swt. menurunkan kitab suci-Nya kepada para utusan-Nya. Allah menurunkan Taurat kepada Nabi Musa As., Zabur kepada Nabi Daud As., Injil kepada Nabi Isa As., dan Alquran kepada Nabi Muhammad Saw.

Fungsi kitab suci itu sebagai pedoman hidup umat para Nabi agar selamat hidup di dunia dan akhirat. Selain Kitab Suci Allah Swt juga menurunkan lembaran-lembaran yang berisi syari'at. Lembaran-lembaran tersebut bernama "suhuf". Di antara nabi yang Allah berikan suhuf kepadanya adalah Nabi Syits As., Nabi Idris As., Nabi Ibrahim A., an Nabi Musa As.

Sebagian kitab-kitab tersebut telah hilang. sebagian lagi telah mengalami perubahan-perubahan. Mereka mengubah Kitab suci sesuai hawa nafsu dan keinginan mereka (QS. AL-Madinah: 13). Hingga kini, hanya ada kitab suci yang masih terjaga keasliannya yaitu Alquran. Allah berfirman dalam QS. AL-Hijr ayat 9, "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memelihaanya."

Alquran yang sempurna
Imam Ath-tabrani dalam al-Mu'jam al-Kabir meriwayatkan bahwa Rasulullh Saw. bersabda. "Aku diberikan tujuh surah panjang (dalam Alquran) yang menggantikan Taurat, dan aku berikan "miun" (surat yang jumlah ayatnya berkisar seratusan) menggantikan Zabur, dan  aku diberikan Al-Matsani (surah yang jumlah ayatnya mendekati seratusan) yang menggantikan Injil, dan aku dilebihkan dengan surah mufashol (sunah-sunah pendek, mulai dari surah Qoof sampai surah an-Naas, sebagamana disampaikan oleh ibnu Katsir)."

Turun di Bulan Ramadhan
Ramadhan adalah bulan yang mulia. Salah satu kemuliaannya yaitu semua kitab suci Allah Swt. diturunkan dibulan Ramadhan. Rasulullah Saw. bersabda "Suhuf diturunkan kepada Nabi Ibrahim pada malam pertama bulan Ramadhan. Dan Taurat diturunkan pada hari keenam dari bulan Ramadhan, dan Injil diturunkan pada tiga belas hari Ramadhan. Dan Alquran diturunkan pada hari dua puluh empat Ramadhan." (H.R. Thabani).

Para Penghafal Alquran
Umat Islam dianjurkan oleh Rasulullah Saw. untuk membaca, mengamalkan, dan menghafal Kitab Suci Alquran. Orang-oang seperti ini disebut-sebut rasul sebagai manusia-manusia istimewa di sisi Allah Swt. Kita akan dimuliakan di dunia dan disurga akan dipakaikan mahkota kepada  kedua orang tua kita (H.R Iman Ahmad dan Abu Dawud).

Artikel Anak - Demikian atikel yang bertemakan Aqidah dan Akhlak yang ke-3 ini dengan judul "Iman Kepada Kitab Suci" semoga bermanfaat. Artikel Selanjutnya : Iman Kepada Malaikat


Iman Kepada Kitab Suci, Iman Kepada Kitab Suci Alquran, para penghafal alquran, turun di bulan ramadhan, alquran yang sempurna, artikel Iman Kepada Kitab Suci, pendidikan islam, artikel anak,
Iman Kepada Kitab Suci iman kepada kitab suci adalah iman kepada kitab suci al-quran beriman kepada kitab suci beriman kepada kitab suci ppt beriman kepada kitab suci alquran iman kepada kitab allah secara tafsili iman kepada kitab allah kelas 11 iman kepada kitab allah secara ijmali iman kepada kitab allah power point iman kepada kitab allah menurut bahasa iman kepada kitab allah merupakan dasar dari iman kepada kitab allah dan dalilnya iman kepada kitab allah yaitu iman kepada kitab allah.pptx iman kepada kitab allah smp iman kepada kitab allah swt adalah iman kepada kitab allah alquran iman kepada kitab suci allah makalah iman kepada kitab suci beriman kepada kitab allah swt beriman kepada kitab suci allah pengertian iman kepada kitab suci allah fungsi iman kepada kitab suci allah hikmah iman kepada kitab suci allah hikmah beriman kepada kitab suci allah hikmah beriman kepada kitab suci alquran dalil perintah beriman kepada kitab suci al-quran cara beriman kepada kitab suci al quran bagaimana cara beriman kepada kitab suci al quran arti iman kepada kitab suci beriman kepada kitab suci berarti fungsi dan hikmah iman kepada kitab suci apakah yg dimaksud dengan iman kepada kitab suci dalil iman kepada kitab suci allah fungsi iman kepada kitab suci fungsi iman kepada kitab suci al quran hikmah iman kepada kitab suci iman kepada kitab-kitab suci allah iman kepada kitab-kitab suci iman kepada allah melalui kitab suci pertanyaan tentang iman kepada kitab suci pengertian iman kepada kitab suci iman kepada kitab suci al-qur'an cara beriman kepada kitab suci sebelum al quran bagaimanakah cara beriman kepada kitab suci sebelum al qur an bagaimana cara beriman kepada kitab suci sebelum al quran

0 Comment for "Iman Kepada Kitab Suci"

Back To Top